![]() |
| Clean Intake Ports W/ Gasket Replaced |
160.000 KM Mileage on 2KD-FTV Stock Engine. Mesin ini dikenal bandel, memiliki potensi tinggi sebagai monster diesel, namun bukan berarti mesin ini memiliki desain sempurna yang memungkinkan mesin hidup tanpa perawatan. Seperti yang kita tau bahwa diesel modern menggunakan banyak teknologi tambahan untuk mengurangi emisi NOx maupun Soot Particulate.
Pada mesin ini hanya piranti kontrol emisi yang ada berupa EGR, Catalytic Converter, dan PCV. There's no DPF here, hahaha, idk it's good or not, after all Indonesian Diesel fuel regulation just meet Euro 2. The problem started when EGR + PCV + High Mileage.
Deposits Buildup
![]() |
| Left Port (Retangular) - After Cleaning Right Port (Circular) - Before (Wet Oily Soot Deposit) |
High Mileage engine pastinya memiliki keausan pada internal parts seperti piston rings, cylinder yang memicu pembakaran oli maupun gas blowby. Nah gas blowby ini seiring waktu meningkatkan aliran PCV menyebabkan banyaknya kandungan oil yang masuk ke intake manifold yang kemudian bertemu dengan endapan Soot dari EGR. Soot yang beretemu dengan oli ini menumpuk di intake manifold terus menerus hingga menyebabkan penyempitan di intake plenum maupun intake port area, sehingga menyebabkan penurunan effisiensi volumetrik / intake flow.
Cleaning
![]() |
| Cleaning from left port to right port, always make sure intake valve was closed!! |
Tool yang dibutuhkan cukup sederhana:
1. 8, 10, 12, 13mm Socket/Wrench
2. Crank Pulley Socket/Wrench
3. Pliers
4. tooth brush/ bottle brush (Plastic)
5. Few Plastic Bottles
Cleaning Agent:
1. Diesel Fuel
2. Carb Cleaner
3. Dishwashing Soap (Sunlight)
Steps:
Bongkar semua part intake manifold. Untuk part seperti intake manifold, intake pipe, intake elbow, EGR valve, bisa dibersihkan dengan sunlight dan air lalu keringkan.
Untuk intake port bersihkan dengan solar/diesel, untuk kotoran yang sulit larut dalam diesel, semprotkan dengan carb cleaner sambil disikat. setelah dirasa cuku bersih, solar/diesel yang tertampung dalam port dapat disedot menggunakan botol plastik kosong yang diberi selang di ujungnya.
Setelah selesai pasang kembali semua part sesuai urutannya, proses start awal akan memakan waktu lebih lama karena terdapat udara dalam fuel rails. untuk mempercepat proses start pompa priming pump terus menerus hingga mesin menyala.
![]() |
| All Ports Clean |
![]() |
| Cleaned Plenum |
![]() |
| Cleaned Intake Part |







No comments:
Post a Comment